Hendrawan, Alfian Rizqi (2025) PENDIDIKAN PLURALISME PRESPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0401.0047_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (381kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0401.0047_COVER_BAB IV .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0401.0047_C0VER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0401.0047_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0401.0047_C0VER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (478kB) |
Abstract
Konsep pluralisme mengandung beberapa pengertian yang berbeda ada yang mengatakan persamaan semua agama tapi bagi gusdur pluralisme Konsep pluralisme dalam pemikiran Islam merujuk pada pengakuan dan penghargaan terhadap keberagaman agama dan budaya sebagai bagian dari sunnatullah. Namun menurut gusdur pluralisme bukan hanya sekadar toleransi tetapi juga mencakup penerimaan bahwa setiap agama memiliki kebenarannya masing-masing, sesuai dengan keyakinan penganutnya. Abdurrahman Wahid sebagai tokoh penting dalam pemikiran pluralisme di Indonesia, menekankan bahwa pluralisme adalah suatu keharusan dalam kehidupan beragama yang harus dipahami sebagai dimensi teologis dan sosiologis . Dalam konteks pendidikan, Wahid mengembangkan konsep pendidikan pluralisme yang bertujuan untuk mengajarkan penerimaan terhadap perbedaan sebagai bagian dari kehendak Tuhan. Pendidikan ini diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang inklusif, menghargai perbedaan, dan menghindari perpecahan antar kelompok. Penelitian ini bertujuan Untuk Memahami Pendidikan Pluralisme dalam Pemikiran Islam, Pendidikan Pluralisme Abdurrahman Wahid dan Relevansi Pluralisme dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dimana penelitian ini mengunakan metode studi pustaka (library research), yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data melalui berbagai sumber yang ada di perpustakaan, seperti buku referensi, artikel, jurnal, hasil penelitian sebelumnya, dan catatan yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep Pendidikan Pluralisme dalam prespektif Abdurrahman Wahid ada lima yaitu: 1) Integrasi nilai nilai kemanusiaan, 2) Kerja sama antar individu, 3) Paradigma Pendidikan yang inklusif, 4) Pendidikan toleransi dan 5) Pengakuan terhadap perbedaan. Implementasi pemikiran Abdurrahman Wahid tentang pluralisme dalam pendidikan sangat dapat di wujudkan dengan pengembangan sikap kritis dan terbuka di kalangan pelajar terhadap keragaman, serta menekankan pentingnya nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia dalam Pendidikan. Dengan demikian, pendidikan yang berlandaskan pada prinsip-prinsip pluralisme dapat berkontribusi pada pembentukan karakter yang toleran dan menghargai perbedaan di tengah masyarakat yang majemuk.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr.Nasitotul Jannah, S.Ag, M.S.I dan Istania Widayati, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Users 9706 not found. |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:50 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 02:50 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |