Fajriani, Silvi Fitria (2025) HUBUNGAN MOTIVASI ORANG TUA DAN GENDER SISWA TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA KELAS 4 DAN 5 SDN REJOWINANGUN UTARA 6. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0018_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0018_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (885kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0018_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0018_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0018_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (709kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara: 1) motivasi orang tua dengan literasi numerasi pada aspek representasi matematis, 2) gender siswa dengan literasi numerasi pada aspek representasi matematis, 3) motivasi orang tua dan gender siswa secara simultan dengan literasi numerasi pada aspek representasi matematis.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan 5 SDN Rejowinangun Utara 6 Kota Magelang dengan jumlah siswa 48 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi orang tua, angket gender siswa perempuan, angket gender siswa laki-laki, dan soal literasi numerasi pada aspek representasi matematis. Validitas yang dilakukan menggunakan teknik pearson product moment. Reliabilitas dihitung menggunakan teknik alpha croanbach. Analisis data hasil penelitian dimulai dengan melakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Untuk mengetahui hubungan antar variabel maka dilakukan uji korelasi pearson product moment.
Hubungan motivasi orang tua dan gender siswa terhadap literasi numerasi pada aspek representasi matematis dianalisis dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi orang tua dengan literasi numerasi pada aspek representasi matematis pada siswa kelas 4 dan 5 SDN Rejowinangun Utara 6 Kota Magelang dengan nilai t hitung sebesar -4,115 < t tabel sebesar -2,014, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara gender siswa dengan literasi numerasi pada aspek representasi matematis pada siswa kelas 4 dan 5 SDN Rejowinangun Utara 6 Kota Magelang dengan nilai t hitung sebesar -3,621 < t tabel sebesar -2,014, dan 3) terdapat hubungan simultan antara motivasi orang tua dan gender siswa terhadap literasi numerasi pada aspek representasi matematis pada siswa kelas 4 dan 5 di SDN Rejowinangun Utara 6 Kota Magelang dengan nilai F hitung sebesar 12,450 > F tabel sebesar 3,20.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Galih Istiningsih, M.Pd. dan Tria Mardiana, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Orang Tua, Gender Siswa, Literasi Numerasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Users 9761 not found. |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 03:06 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 03:06 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |