Kinanti, Ofika Putri (2025) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ULAR TANGGA NUSANTARA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
File 1_20.0305.0008_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (641kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 2_20.0305.0008_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 4_20.0305.0008_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 5_20.0305.0008_PERNYATAAN REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 3_20.0305.0008_FULLTEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media Ular Tangga Nusantara terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD N 2 Wonokerso. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen dengan pendekatan one groub pre-test post-test. Metode penelitian eksperimen merupakan salah satu metode dalam penelitian kuantitatif. Tehnik pengumpulan data dengan lembar tes kemampuan berpikir kritis. Instrument penelitian dilakukan dua kali berupa pre-test yang diberikan sebelum perlakuan dan post-test diberikan setelah perlakuan. Adapun uji statistic yang digunakan dalam pengujian hipotesis dalam penelitian ini yaitu Paired Sample t-Test berbantuan bantuan IBM SPSS versi 20. Pada penelitian ini mendapatkan hasil bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kerja sama siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi Indonesiaku Kaya Budaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai pretest sebesar 63,71 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 87,90. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapt peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 24,19 setelah diberikan treatment model PBL berbantuan media ular tangga nusantng kara.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Galih Istiningsing, M.Pd. dan Dr. Dhuta Sukmarani, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL); Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS); Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | FKIP 20.0305.0008 |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 05:19 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 05:19 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5087 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |