Hafida, Nuraeni (2025) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MI AN NUR DEYANGAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (SKRIPSI)
FILE 1_ 18.0401.0011_COVER_BAB I_BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (417kB) |
![]() |
PDF (SKRIPSI)
FILE 2_18.0401.0011_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (565kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (SKRIPSI)
FILE 3_18.0401.0011_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (SKRIPSI)
18.0401.0011_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (SKRIPSI)
FILE 5_18.0401.0011_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (156kB) |
Abstract
Pencapaian tujuan pendidikan melalui proses pembelajaran tidak dapat terlepas dari faktor guru. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Peran penting guru PAI dalam proses pembelajaran di harapkan mampu menerapkan strategi belajar yang baik bagi siswanya dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Penerapan strategi yang tepat, diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Selain faktor guru, keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor yang mempengaruhi belajar siswa adalah motivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas V. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Aktivitas dalam analisis data yang digunakan meliputi data reduction, data display, dan conclusing drawing/ verification. Berdasarkan penelitian dan pembahasan penelitian ini, disimpulkan sebagai berikut: 1) Pembelajaran dengan media dan metode bervariasi serta menyenangkan dapat meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak. 2) Peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak meliputi : a)guru sebagai motivator, b)peran guru sebagai pembimbing, c)peran guru sebagai pengelola kelas, d)peran guru sebagai mediator dan fasilitator, e)peran guru sebagai evaluator. 3) Faktor pendukung motivasi belajar akidah akhlak yaitu a)faktor lingkungan sekolah, b)faktor sikap guru, dan c)faktor orang tua atau keluarga. Faktor penghambat terdapat empat hal yakni kemampuan siswa dalam menerima materi, dukungan dari keluarga dalam perkembangan siswa, minat belajar siswa yang kurang, serta kurang lengkapnya fasilitas dan media pendukung aplikatif pembelajaran akidah akhlak. Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas V MI An Nur yaitu terlihat dengan antusias belajar siswa, semangat belajar siswa dan rasa senang siswa dalam proses pembelajaran karena menggunakan berbagai media dan metode pembelajaran yang menyenangkan.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd. dan Subur, S.Pd.I, M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Users 9715 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:54 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:54 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |