MAHARANI UMAYA, NADILA (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI TREASURE GAME PADA KELAS I DI SD NEGERI SUGIHMAS 1 GRABAG MAGELANG. S1 thesis, Skripsi Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
File 1_20.0304.0025_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAA.pdf - Published Version Download (929kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 2_20.0304.0025_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 3_20.0304.0025_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 4_20.0304.0025_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (740kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 5_20.0304.0025_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I menggunakan metode permainan treasure game di SD Negeri Sugihmas 1 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang terdapat empat tahap setiap pertemuannya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi dan wawancara. Metode permainan dalam penelitian ini menggunakan kartu huruf dengan kegiatan mengidentifikasi simbol huruf vokal dan konsonan, menyusun dan membaca suku kata berpola konsonan-vokal dan vokal-konsonan, serta menyusun kata acak sederhana.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa metode permainan treasure game dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa yang dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata persentase pada pra siklus hingga siklus II. Rata-rata persentase pada pra siklus adalah 51% kemudian meningkat menjadi 63% setelah dilakukan tindakan siklus I, namun belum mencapai indikator keberhasilan. Oleh karena itu, dilakukan tindakan selanjutnya pada siklus II dengan permainan yang di inovasi berdasarkan refleksi dari siklus I. Rata-rata persentase meningkat menjadi 76% setelah dilakukan tindakan siklus II dan telah mencapai indikator keberhasilan. Peningkatan rata-rata persentase dari pra siklus hingga siklus II sebanyak 25%.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Khusnul Laely, M.Pd dan Reza Edwin Sulistyaningtyas, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | membaca permulaan, anak usia dini, treasure game |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1) |
Depositing User: | FKIP 20.0304.0025 |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 02:09 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:09 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |