Artikasari, Wanda (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA KOTAK LIPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 1_20.0305.0066_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (423kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 2_20.0305.0066_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 4_20.0305.0066_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 5_20.0305.0066_COVER_SURAT PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 3_20.0305.0066_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan kotak lipat terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I iSD Negeri 1 Gemawang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang dan kelas IIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 27 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen pertama adalah tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan tes akhir untuk mengetahui hasil akhir. Instrumen kedua adalah observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan dengan bantuan program SPSS versi 25.0 for windows.
Berdasarkan pada temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I dengan menggunakan bantuan kotak lipat. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil analisis uji Paired Sample t-test menunjukkan Sig. (2 – itailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis setiap indikator pada kelas eksperimen memiliki nilai yang sesuai. Bahkan hasil pretest mengalami kenaikan pada posttest, secara spesifik yaitu pada indikator pertama meningkat dari 15,84% menjadi 16,64%, indikator kedua meningkat dari 11,2% menjadi 14,88%, indikator ketiga meningkat dari 12,8% menjadi 15,52% dan pada indikator keempat meningkat dari 14,08% menjadi 16,48%.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr.Galih Istiningsih,M.Pd. dan Arif Wiyat Purnanto,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Ability Beginning Reading
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: FKIP 20.0305.0066
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:06
Last Modified: 06 Mar 2025 02:06
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5070

Actions (login required)

View Item View Item