Arfiyanti, Barokatus Tsani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0014_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (770kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0014_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0014_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0014_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model snowball
throwing pada pembelajaran IPA terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV
SD Negeri Banyakan.
Rancangan penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan
desain pretest-posttest control group desain, kelompok eksperimen maupun
kelompok kontrol dipilih secara random. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV SD Negeri Banyakan, dengan sampel kelas IV B sebagai kelas
eksperimen berjumlah 21 sedangkan kelas IV A sebagai kelompok kontrol
berjumlah 22 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling.
Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas berupa model snowball
throwing serta variabel terikat berupa hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data
yaitu tes. Tes hasil belajar IPA ranah kognitif menggunakan tes pilihan ganda
(pretest-posttest). Hasil post test dianalisis menggunakan uji normalitas kolmogorov
smirnov dan homogenitas leneve statistic, yang menunjukkan bahwa kedua
kelompok berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, uji hipotesis
menggunakan independent sample t test, diperoleh hasil post test kelompok
eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan 0,032 < 0,05.
Kesimpulan hasil penelitian adalah model snowball throwing
berpengaruhterhadap peningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Banyakan
dengan bukti bahwa terdapat perbedaannilai post test yang signifikan antara
kelompok eksperimen sebesar 81,48 dan kelompok kontrol sebesar 77,18.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons.(0008015701) dan Ela Minchah, LA, M.Psi., Psi.(0606018701) |
Uncontrolled Keywords: | Model Snowball Throwing, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 02:43 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 02:13 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |