Nurhaliza, Siti (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA BOOYAH (BIG BOOK HIJAIYAH) UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0304.0010_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (468kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0304.0010_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (982kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0304.0010_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0304.0010_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0304.0010_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilatarbelakangi kurang optimalnya kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di RA Muslimat NU Al Hasan. Kemampuan membaca huruf hijaiyah anak ini perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi kemampuan mengaji anak dan dapat menimbulkan dampak-dampak negatif seperti rendahnya kepercayaan diri anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas . Subyek penelitian ini adalah 13 anak Kelas B RA Muslimat NU Al Hasan usia 5-6 tahun. Fokus penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak menggunakan media Booyah (Big Book Hijaiyah). Teknik analisis yang digunakan adalah secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang digunakan adalah penelitian dikatakan berhasil apabila rata-rata kemampuan membaca huruf hijaiyah dalam kelas mencapai persentase 75%.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui media Booyah (Big Book Hijaiyah). Peningkatan ini adalah hasil dari pembelajaran huruf hijaiyah menggunakan media Booyah yang dilakukan selama 27 pertemuan dalam 3 siklus. Peningkatan terlihat dari peningkatan persentase rata-rata kelas pada tiap siklusnya, pada saat pra siklus menunjukkan hasil 39%, kemudian mulai meningkat menjadi 53% pada Siklus I, pada Siklus II meningkat menjadi 63%, dan pada Siklus III meningkat menjadi 77%.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Khusnul Laely, M.Pd. dan Reza Edwin Sulistyaningtyas, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | membaca huruf hijaiyah, media pembelajaran huruf hijaiyah, big book hijaiyah, usia 5-6 tahun |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1) |
Depositing User: | FKIP 21.0304.0010 |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 02:03 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:03 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5069 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |