Ismawati, Lilik (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN MENGGUNAKAN MEDIA CELEMEK HURUF. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
23.0304.0013_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (548kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
23.0304.0013_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (598kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
23.0304.0013_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
23.0304.0013_COVER_PERNYATAAN REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
23.0304.0013_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan keaksaraan anak menggunakan media Celemek Huruf pada 3 anak usia 4-5 tahun sebagai Subjek Penelitian, di Kelompok B Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Yaa-Bunayya Mujahidin Temanggung. Aspek keaksaraan dalam penelitian ini yaitu kemampuan menyebut huruf vocal, kemampuan menyebut huruf konsonsn, kemampuan menyabut angka dari 1-10 dan kemampuan menemukan kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Lewin yang menjelaskan bahwa konsep utama dari Penelitian Tindakan Kesala meliputi empat tahap yaitu: 1) perencanaan (planning); 2) pelaksanaan (acting); 3) observasi (observation); dan 4) refleksi (reflecting).
Hasil penelitian Subjek 1 pada kondisi awal kemampuan keaksaraan rata-rata 31,25%, pada akhir penelitian meningkat menjadi rata-rata 93,75%. Subjek 2 pada kondisi awal kemampuan keaksaraan skor rata-rata 25%, meningkat menjadi rata-rata 93,75%. Dan Subjek 3 pada kondisi awal kemampuan keaksaraan skor rata-rata 25%, meningkat menjadi rata-rata 93,75%. Dari data tersebut , maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keaksaraan menggunakan media Celemek Huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra.Lilis Madyawati, M.SI dan Khusnul Laely, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Keaksaraan, Media Celemek Huruf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1) |
Depositing User: | Users 9812 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:54 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:54 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |