Marthati, Asri (2025) UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PROJECT-BASED LEARNING DI BA AISYIYAH GONDANG MUNGKID KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
23.0304.0010_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (460kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
23.0304.0010_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
23.0304.0010_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
23.0304.0010_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
23.0304.0010_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun melalui metode Project-Based Learning di BA Aisyiyah Gondang Mungkid Kabupaten Magelang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 anak di kelas B yang berusia 5-6 tahun. Project-Based Learning yang digunakan dalam penelitian dirancang oleh peneliti yang bertujuan agar dapat dilaksanakan dalam pembelajaran di dalam kelas oleh guru dan murid.
Metode yang digunakan adalah metode naratif deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus sebanyak 6 kali pertemuan dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara tidak terstuktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan membandingkan data yang diperoleh dari kondisi awal, siklus 1, dan seterusnya menggunakan teknik persentase. Indikator keberhasilan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu 75% dari rata-rata kelas.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode Project-Based Learning dapat meningkatkan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase dari mulai pra siklus sampai pada siklus 2. Melalui pra siklus diperoleh persentase 48,41% kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 persentase kedisiplinan anak meningkat menjadi 60,01% yang hasil tersebut belum mencapai indikator keberhasilan yang ingin dicapai dalam penelitian ini. Pada siklus 2 dilakukan pengembangan sehingga persentase anak meningkat menjadi 75,40% dimana sudah mencapai indikator keberhasilan.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Febru Puji Astuti, M.Pd. dan Reza Edwin Sulistyaningtyas, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan anak, Project-Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: Users 9808 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2025 01:51
Last Modified: 06 Mar 2025 01:51
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5058

Actions (login required)

View Item View Item