Aisya, Shofie (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY DENGAN MEDIA MONOPOLI TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
File 1_20.0305.0042_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (446kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 2_20.0305.0042_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 4_20.0305.0042_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 5_20.0305.0042_PERNYATAAN REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 3_20.0305.0042_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dengan media monopoli tiga dimensi terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS siswa kelas V SD Negeri Magersari 2. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimen Design dengan tipe One Group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Magersari 2 yang berjumlah 28 siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes untuk mengevaluasi pengaruh pemahaman setelah penerapan model discovery learning dengan media monopoli tiga dimensi. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired Sample t-test dengan menggunakan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning dengan media monopoli tiga dimensi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Paired Sample T-test yang menunjukkan nilai yang Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Selain itu, hal ini juga didukung dari hasil pretest dan posttest. Sebelum diterapkan treatment mendapatkan nilai rata-rata sebesar 64 sedangkan setelah diterapkannya treatment terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 90.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr.Galih Istiningsih, M.Pd. dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Media Monopoli Tiga Dimensi, Kemampuan Beprikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Users 9830 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:47 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:47 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |