Risnawati, Adelia Dwi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF KATA BERGAMBAR BERBANTUAN MEDIA PAPAN GAMBAR HURUF BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
File 1_20.0305.0085_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (432kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 2_20.0305.0085_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
fILE 4_20.0305.0085_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 5_20.0305.0085_PERNYATAAN REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 3_20.0305.0085_FULLTEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran induktif kata bergambar berbantuan media papan gambar huruf baca terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Gulon 4.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen, dengan model One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas I SD Negeri Gulon 4. Sampel penelitian ini adalah sampling jenuh dengan jumlah seluruh siswa kelas I sebanyak 14 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes unjuk kerja. Uji validitas instrumen dilakukan oleh validasi ahli (expert judgement) yaitu dosen ahli bahasa indonesia. Uji prasyarat dilakukan menggunakan uji normalitas dengan menggunakan Shapiro-Wilk sedangkan untuk analisis data dilakukan menggunakan Uji Paired Sampel T-Test dengan bantuan program IBM SPSS Statistic versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Uji Paired Sampel T-Test menunjukkan nilai sig sebesar 0,000 dan lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan rata – rata nilai posttest dengan skor 87,5 dimana lebih besar dibandingkan dengan hasil rata – rata pretest dengan skor 61,86 yang berarti bahwa ada perbedaan (25,64) yang signifikan antara hasil pretest dengan posttest. Sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran induktif kata bergambar berbantuan media papan gambar huruf baca terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Gulon 4.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Aditia Eska Wardana, M.Pd. dan Putri Meinita Triana, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca, Membaca permulaan, Induktif Kata Bergambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Users 9831 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:44 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:44 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |