Kusumawati, Risda (2017) KORELASI ANTARA MOTIVASI GURU DAN KARAKTER DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0011_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0011_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0011_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0011_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara motivasi guru dan
karakter disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Secang 2
Kabupaten Magelang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif atau analisis data
statistik dengan desain korelasional. Terdiri atas 2 variabel bebas yaitu Motivasi
Guru (X1) dan Karakter Disiplin (X2) dan 1 variabel terikat yaitu Prestasi Belajar
(Y). Subjek penelitian ini terdiri atas populasi yaitu seluruh siswa SD Negeri
Secang 2 Kabupaten Magelang yang berjumlah 313 siswa dan sampel sebanyak
57 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling.
Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data
untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi product
moment dan analisis regresi, yang terdiri atas regresi ganda dan regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan: kondisi motivasi guru (X1) sebesar 72,14%
dalam kategori baik, karakter disiplin (X2) sebesar 55,27% dalam kategori cukup
baik, dan prestasi belajar sebesar 75,83% dalam kategori baik. Hasil analisis
regresi menunjukkan: (1) terdapat korelasi positif dan signifikan motivasi guru,
ditunjukkan koefisien korelasi rx1y= 0,310; r2
x1y = 0,096, signifikansi sebesar
9,6%. (2) rendahnya korelasi karakter disiplin terhadap prestasi belajar,
ditunjukkan rendahnya koefisien korelasi rx2y= 0,004; r2
x2y = 0,00, signifikansi
sebesar 0%. (3) motivasi guru dan karakter disiplin secara bersama-sama terhadap
prestasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi Ry (1,2) = 0,339; R2
y (1,2)
= 0,115 atau signifikansi sebesar 11,5%. Bertitik tolak pada hasil penelitian, maka
hendaknya guru memperhatikan dan meningkatkan pemberian motivasi kepada
siswa sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang lebih optimal.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd,(0007085701) dan Rasidi, M.Pd (0620098801) |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Guru, Karakter Disiplin, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 02:31 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 07:37 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |