Febriyani, Erika (2025) PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0007_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (855kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0007_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (755kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0007_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0007_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0007_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model experiential learning berbantuan media benda konkret terhadap hasil belajar siswa pada materi Wujud Zat dan Perubahannya kelas IV SDN Banjarnegoro 3 Mertoyudan.
Indikator penilaian pada penelitian ini meliputi tiga ranah, yaitu hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pretest-Posttest design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan unjuk kerja. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Banjarnegoro 3 yang berjumlah 18 siswa. Analisis data ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Paired Sample t-test dengan berbantuan program SPSS versi 30.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada ranah kognitif siswa berpengaruh secara signifikan antara pretest dan posttest. Rata-rata nilai posttest lebih besar dari nilai rata-rata pretest yaitu 76,1 > 48,4. Pada ranah afektif siswa berpengaruh secara signifikan antara pretest dan posttest. Rata-rata nilai posttest lebih besar dari nilai rata-rata pretest yaitu 76,5 > 49,2. Pada ranah psikomotorik siswa berpengaruh secara signifikan antara pretest dan posttest. Rata-rata nilai posttest lebih besar dari nilai rata-rata pretest yaitu 82,8 > 54,9. Hal ini dibuktikan bahwa hasil analisis uji Paired Sample T-test pada ketiga ranah menunjukkan nilai yang Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05. Pada ranah kognitif diperoleh thitung -20,712 > ttabel 2,110. Ranah afektif diperoleh thitung -16,738 > 2,110. Ranah psikomotorik diperoleh thitung -22,605 > ttabel 2,110. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model experiential learning berbantuan media benda konkret berpengaruh pada hasil belajar IPAS materi Wujud Zat dan Perubahannya siswa SDN Banjarnegoro 3.

Kata kunci: Experiential Learning, Media Benda Konkret, Hasil Belajar

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Dhuta Sukmarani, M.Si dan Dr. Sukma Wijayanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Experiential Learning, Media Benda Konkret, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Users 9664 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2025 01:42
Last Modified: 06 Mar 2025 01:42
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5039

Actions (login required)

View Item View Item