Akhmad, Zufar Abdillah (2025) Upaya Guru Dalam Memperkuat Dan Meningkatkan Hafalan AL-Qur'an Siswa Di SD Muhammadiyah Sukorejo. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 1_19.0401.0006_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (235kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 2_19.0401.0006_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 3_19.0401.0006_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 5_19.0401.0006_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 4_19.0401.0006.COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (192kB)

Abstract

Pada era globalisasi ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Perkembangan kian merambah ke segala bidang. Seperti teknologi internet, berkembang menjadi media informasi sampai dengan media sosial yang marak dipergunakan dalam kehidupan terlebih dalam bidang pendidikan. Hal ini membuat manusia terseret dengan kemajuan yang mengurangi aktivitas keagamaan, seperti lunturnya kedisiplinan dalam beribadah, jarangnya mengikuti majelis keagamaan, hilangnya kebiasaan membaca kitab suci Al-Qur’an dan banyak yang lainnya menjadi tantangan yang besar bagi manusia untuk menyikapinya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menggambarkan kegiatan tahfid di SD Muhammadiyah Sukorejo (2) Menggambarkan upaya guru dalam menjaga dan memperkuat hafalan siswa (3) Mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan tahfidz di SD Muhammadiyah Sukorejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kegiatan tahfidz di SD Muhammadiyah Sukorejo berjalan dengan baik dan terstruktur, upaya guru dalam memperkuat dan meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di SD Muhammadiyah Sukorejo khususnya pada kelas IV, V dan VI Muhammad yang merupakan kelas tahfidz dilakukan dengan melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah, melakukan kerjasama dengan wali siswa, guru melakukan variasi dalam pembelajaran, guru menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan evaluasi selama pelaksanaan kegiatan tahfidz di SD Muhammadiyah Sukorejo. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan tahfidz di SD Muhammadiyah Sukorejo, adapun yang menjadi faktor pendukung dipengaruhi oleh dukungan wali siswa, guru yang kompeten, pengkondisian siswa pasca pembelajaran tahfidz dan muroja’ah. Sedangkan faktor penghambatnya dipengaruhi oleh potensi anak yang beragam, durasi waktu yang kurang dalam pembelajaran tahfidz, siswa merasa bosan dan kesulitan menghafal di rumah.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag. dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, Kegiatan Tahfidz, Memperkuat dan Meningkatkan hafalan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: Users 9833 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:10
Last Modified: 05 Mar 2025 04:10
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5037

Actions (login required)

View Item View Item