Susanti, Indah (2017) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU TERPADU TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0010_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (594kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0010_BAB IV.xps - Published Version Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0010_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0010_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Kartu Terpadu terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa tema Lingkungan. Penelitian dilaksanakan di kelas II SD Negeri Ngablak sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Kradenan 3 sebagai kelas kontrol.
Jenis penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Sampel penelitian kelas eksperimen berjumlah 19 siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Kartu Terpadu dan kelas kontrol berjumlah 19 siswa menggunakan model dan media konvensional. Teknik pengumpulan data observasi dan tes dengan analisis uji Mann Whitney.
Kesimpulan hasil penelitian model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Kartu Terpadu berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa Tema Lingkungan. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis keaktifan diperoleh Asymp. Sig. 0,000 < 0,05 dengan U hitung (27) < U tabel (101) dan hasil belajar diperoleh Asymp. Sig. 0,000 < 0,05 dengan U hitung (0) < U tabel (101).
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Hermahayu, M.Si (0611098203) dan Galih Istiningsih (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Model Contextual Teaching and Learning berbantuan Media Kartu Terpadu, Keaktifan, Hasil Belajar Tema Lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 02:30 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:21 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |