Susanti, Indah (2017) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU TERPADU TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0010_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0010_BAB IV.xps - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0010_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0010_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Kartu Terpadu terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa tema Lingkungan. Penelitian dilaksanakan di kelas II SD Negeri Ngablak sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Kradenan 3 sebagai kelas kontrol.
Jenis penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Sampel penelitian kelas eksperimen berjumlah 19 siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Kartu Terpadu dan kelas kontrol berjumlah 19 siswa menggunakan model dan media konvensional. Teknik pengumpulan data observasi dan tes dengan analisis uji Mann Whitney.
Kesimpulan hasil penelitian model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Kartu Terpadu berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa Tema Lingkungan. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis keaktifan diperoleh Asymp. Sig. 0,000 < 0,05 dengan U hitung (27) < U tabel (101) dan hasil belajar diperoleh Asymp. Sig. 0,000 < 0,05 dengan U hitung (0) < U tabel (101).

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si (0611098203) dan Galih Istiningsih (0619018901)
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching and Learning berbantuan Media Kartu Terpadu, Keaktifan, Hasil Belajar Tema Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:30
Last Modified: 31 Jan 2025 03:21
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item