Kurniasari, Rizki (2025) Implementasi Manajemen Kurikulum Full Day School Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa MI Muhammadiyah Paremono. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0013_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (453kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0013_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (461kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0013_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0013_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0013_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (126kB) |
Abstract
Manajemen kurikulum merupakan substansi utama di sekolah. Selain itu, sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan yang efektif dan efisien manajemen kurikulum memiliki peran yang sangat penting karena pada dasarnya sekolah merupakan suatu sistem yang didalamnya melibatkan berbagai komponen dan sejumlah kegiatan yang perlu dikelola secara baik dan tertib. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) Karakter religius siswa, 2) Manajemen kurikulum meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. 3) Proses pembentukan karakter religius. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari kepala madrasah, waka kurikulum, guru dan orang tua. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Karakter religius siswa dapat memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai karakter religius dalam kehidupan sehari-hari. (2) Manajemen kurikulum Full Day School dimulai dari perencanaan rapat kerja awal tahun, menyusun tujuan kurikulum, persiapan mengajar, dan program-program sekolah lainnya. Pengorganisasian kurikulum 2013, kurikulum merdeka, kurikulum keagamaan, dan pembagian tugas guru. Pelaksanaan persiapan guru mengajar, proses pembelajaran dimulai dari materi, media, dan evaluasi pembelajaran, namun masih perlu dilakukan peningkatan sarana prasarana dalam mendukung proses pembelajaran di kelas. Evaluasi kurikulum dilaksanakan melalui kegiatan evaluasi mingguan, semesteran melibatkan kepala sekolah dan guru, evaluasi hasil belajar dan karakter siswa melalui evaluasi sumatif dan formatif. (3) Proses pembentukan karakter religius siswa melalui tahapan pengetahuan moral, perasaan, dan pembiasaan yang terintegrasi pada proses pembelajaran dan kegiatan sehari-hari dan metode pembentukan karakter religius melalui metode keteladanan dari guru, metode pembiasan, dan metode penegakan aturan pada siswa yang melanggar aturan.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, MA dan Subur, M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum, Full Day School, Karakter Religius |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Users 9739 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 03:11 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:25 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5018 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |