Kurniasari, Endah (2018) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE MELALUI MEDIA PUZZLE BARSIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0183_Cover+Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 5, Daftar Pustaka.pdf

Download (956kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0183_Cover+Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0183_Cover+Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0183_fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara
Jawa dengan menggunakan model think pair share melalui media puzzle barsia di
kelas III SD Negeri 2 Bojonegoro.
Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan subyek penelitian siswa kelas III SD
Negeri 2 Bojonegoro Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung dengan jumlah 14
siswa, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis aksara Jawa
meningkat. Pada pra-siklus rata-rata persentasenya adalah 59%, siklus I pertemuan
1 rata-rata persentasenya adalah 63,3%, siklus I pertemuan 2 rata-rata
persentasenya adalah 65,5%, siklus II pertemuan 1 rata-rata persentasenya adalah
68%, siklus II pertemuan 2 rata-rata persentasenya adalah 74%, siklus III pertemuan
1 rata-rata persentasenya adalah 78% dan siklus III pertemuan 2 rata-rata
persentasenya adalah 86%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan
persentase. Pada pra-siklus rata-rata persentasenya adalah 39,2%, siklus I
pertemuan 1 rata-rata persentasenya adalah 51,4%, siklus I pertemuan 2 rata-rata
persentasenya adalah 60%, siklus II pertemuan 1 rata-rata persentasenya adalah
57,1% siklus II pertemuan 2 rata-rata persentasenya adalah 72,1%, siklus III
pertemuan 1 rata-rata persentasenya adalah 77,1% dan siklus III pertemuan 2 ratarata
persentasenya adalah 84%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan model think pair share melalui media puzzle barsia
dalam pembelajaran bahasa Jawa dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara
Jawa pada siswa kelas III SD Negeri 2 Bojonegoro Kecamatan Kedu Kabupaten
Temanggung.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis Aksara Jawa, Media Puzzle Barsia Model,
Think Pair Share

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd dan Galih Istiningsih, M.Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Aksara Jawa, Media Puzzle Barsia Model,Think Pair Share
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:25
Last Modified: 03 Feb 2025 06:34
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item