Syafi’i, Muchamad (2017) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0001 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0001 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0001 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0001 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
Quantum Teaching dengan multimedia pembelajaran terhadap peningkatan hasil
belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Windusari. Peningkatan Hasil belajar
IPA dalam penelitian ini yaitu hasil belajar aspek kognitif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimen dengan
desain one group pretest posttest dengan subjek penelitian siswa kelas V SD
Negeri Windusari 1 pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang
berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes (pretest dan posttest).
Analisis yang digunakan adalah uji t paired sample dengan membandingkan nilai
pretest dan posttest. Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan model Quantum Teaching dengan multimedia pembelajaran terhadap
peningkatan hasil belajar IPA .
Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model
Quantum Teaching dengan multimedia pembelajaran berpengaruh secara positif
terhadap peningkatan hasil belajar IPA. Hal tersebut terbukti dengan
meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest sebelum dan sesudah diberi
perlakuan pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching dengan
multimedia pembelajaran. Rata-rata nilai pretest sebelum perlakuan adalah 60,63
sedangkan nilai posttest sesudah diberi perlakuan yaitu 86,67. Peningkatan hasil
belajar IPA tersebut dapat dilihat dari hasil uji t paired sample yang menunjukkan
nilai sig = 0,000 lebih kecil dari dari 0,05. Hal tersebut berarti Ho ditolak dan Ha
di terima sehingga dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching dengan
multimedia pembelajaran berpengaruh secara positif terhadap peningkatan hasil
belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd. Kons, (0008015701) dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd,(0624118801)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, hasil belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:25
Last Modified: 31 Jan 2025 06:28
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item