Ningtyas, Yunia Dwi (2025) PENGARUH MODEL KONTEKSTUAL BERBASIS BENDA KONKRET TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
File 1_19.0305.0059_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (570kB)
[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
File 2_19.0305.0059_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
File 3_19.0305.0059_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
File 4_19.0305.0059_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
file 5_19.0305.0059_COVER_PERNYATAAN REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (476kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kontekstual berbasis benda konkret terhadap prestasi belajar IPAS (Penelitian pada siswa kelas IV di MI Arrosyidin Ngandong Tahun Ajaran 2024/2025. Media konkret adalah alat peraga yang digunakan oleh guru ketika pembelajaran untuk mendemostrasikan bahan pelajaran guna memberika pengertian atau gambar yang jelas tentang pelajaran yang akan diberikan.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pengumpulan data berupa tes pengetahuan yang diberikan kepada siswa baik secara tertulis maupun lisan, observasi kepada siswa, serta pencermatan beberapa dokumen pendukung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu kuantitatif. Uji keabsahan data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian ini yaitu didapatkan analisis pengaruh model kontekstual berbasis benda sekitar terhadap prestasi belajar IPAS (Penelitian pada siswa kelas IV di MI Arrosyidin Ngandong Tahun Ajaran 2024/2025. Dalam penelitian ini dilakukan uji dengan pretest dan posttest. Nilai yang didapat saat pretest kategori rendah tredapat 22% dan tertinggi 41%. Sedangkan pada penilaian postest kategori nilai tertinggi 78% dan terendah 0%.
Hasil uji Wilcoxon diuji menggunakan IBM SPSS Statustik 26.0. Asymp Signifikan sebesar 0,000 < dari 0,05 dan Z- score adalah -4,211, yang menunjukkan bahwa nilainya dibawah rata – rata. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Oleh karena itu, tingkat signifikansi yang umum digunakan adalah 0,05. Dalam penelitian ini, signifikansi yang dicapai kurang dari 0,005 yaitu 0,00, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Penerapan model kontekstual berbasis benda sekitar yang diberikan pada kelas eksperimen saat dilakukan treatment dan sebelum diberikan treatment menunjukkan ada peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata posttest siswa yang mengikuti perlakuan model kontekstual berbasis benda sekitar. Dengan demikian model kontekstual berbasis benda sekitar yang berlangsung di luar kelas, membuat peserta didik tidak bosan. Proses pembelajaran memang erat kaitannya dengan peran seorang guru dalam memilih model dan metode, serta media pembelajaran yang tepat.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Dhuta Sukmarani, M.Si dan Tria Mardiana, M. Pd
Uncontrolled Keywords: model kontekstual, berbasis benda sekitar, prestasi belajar, IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Users 9769 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2025 01:34
Last Modified: 06 Mar 2025 01:34
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4989

Actions (login required)

View Item View Item