Anisah, Hanik (2017) PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0204 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0204 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0204 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0204 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Flash Card
terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa di SD Negeri Sidoagung 1
Tempuran.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen dengan
jenis One Group Pretest Posttest Design dengan melakukan pengukuran awal dan
pengukuran akhir. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SD
Negeri Sidoagung 1 Tempuran yang berjumlah 139 siswa. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas III dengan jumlah siswa sebanyak 23. Teknik Sampling
yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan lembar soal Pretest dan Posttest. Teknik analisis data
yang digunakan adalah dengan bantuan SPSS versi 16.0 for Windows. Untuk
menguji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Flash Card berpengaruh
terhadap keterampilan membaca. Perhitungan menunjukkan bahwa nilai
signifikansi lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa
terdapat perbedaan antara keterampilan membaca siswa sebelum dan sesudah
perlakuan. Dilihat dari rata-rata, rata-rata Posttest lebih besar dari rata-rata Pretest
yaitu 80 > 67. Maka hipotesis yang dirumuskan adalah penggunaan media Flash
Card berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan membaca, diterima dan
terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M. Pd (0028036001) dan M. A Noviudin Pritama, M. Pd (0625118801)
Uncontrolled Keywords: media flash card, keterampilan membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:17
Last Modified: 21 Jan 2025 01:38
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item