Mudhakaroh, Harfiyatun (2017) PENGARUH MODEL ROUND CLUB TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0195_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (717kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0195_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0195_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0195_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model round club
terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian true experiment. Subjek penelitian
dipilih secara simple random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 50 orang
siswa terdiri dari 25 siswa kelompok eksperimen dan 25 siswa kelompok kontrol.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar
observasi. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test. Analisis
data dilakukan dengan bantuan program SPSS (Stratistical Product and Service
Solution).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model round club berpengaruh
positif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dengan
adanya perbedaan hasil skor tes antara kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Hasil uji posttest kedua kelompok diperoleh t hitung > t tabel yaitu (4,313 >
2,010). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa terdapat perbedaan skor rata-rata posttest antara kelompok
eksperimen sebesar 83,52 dan kelompok kontrol sebesar 74,64. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan model round club berpengaruh terhadap hasil
belajar IPA.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. H. Arie Supriyatno, M. Pd.(0012045601) dan Dhuta Sukmarani, M. Si.(0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | model round club, hasil belajar, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 02:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 01:53 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |