Utomo, Satriyo Budi (2017) EFEKTIVITAS METODE INQUIRY BEBAS DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BARU. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0189 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0189 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0189 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0189 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode
inquiry bebas dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis
puisi baru pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ngargogondo
Borobudur Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan beberapa siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan
dengan empat tahap yaitu (1) Perencanaan Tindakan, (2) Pelaksanaan Tidakan,
(3) Pengamatan/Observasi, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas
V MI Ma‟arif Ngargogondo Borobudur Kabupaten Magelang yang berjumlah 15
siswa. Variabel yang diteliti ada tiga, yaitu : variabel input, berupa keterampilan
menulis puisi baru rendah; variabel proses, berupa efektivitas metode inquiri
bebas dengan media gambar, dan variabel output, berupa hasil proses pemberian
metode inquiri untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi baru
dibandingkan dengan sebelumnya. Metode pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi, wawancara, dan tes unjuk kerja. Data hasil observasi dan
wawancara dianalisi secara deskriptif kualitatif dan data hasil tes unjuk kerja
dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Persentase indikator keberhasilan
diharapkan mencapai 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar
mengajar dengan KKM 75.
Metode inquiri bebas efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis
puisi baru siswa. Hal ini didukung hasil penelitian pra siklus menunjukkan hasil
keterampilan menulis puisi baru dengan persentase 40%. Setelah dilakukan
tindakan dengan metode inquiri bebas, kemampuan menulis puisi baru siswa
pada siklus I telah mengalami peningkatan dibandingkan pada saat pra siklus.
Ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 60%, yaitu pada pra siklus baru
mencapai 40%, pada siklus I mencapai 73% dan pada siklus II menjadi 100%.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si. (0012045601) dan Rasidi, M.Pd. (0620098801)
Uncontrolled Keywords: Metode, Metode Inquiry Bebas, Media Gambar dan, Keterampilan Menulis Puisi Baru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:09
Last Modified: 31 Jan 2025 06:43
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item