Ulfitrah, Nida' (2025) PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGI DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
File 1_20.0401.0044_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (880kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 2_20.0401.0044_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 3_20.0401.0044_COVER-LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 4_20.0401.0044_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 5_PERNYATAAN_UNGGAH_REPOSITORI.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran PAI memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik, salah satunya melalui budaya religi. Budaya religi diharapkan dapat membantu siswa memahami materi dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mendukung terbentuknya profil pelajar Pancasila. Mengingat saat ini tak sedikit pelajar yang kurang memiliki kesadaran akan nilai-nilai moral, tanggung jawab, dan pemahaman agama maka sangat diperlukan adanya penanaman karakter sedari dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan budaya religi dalam pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 1 Muntilan serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) budaya religi yang diterapkan di sekolah meliputi sholat berjama’ah, mengaji pagi, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, peringatan hari besar Islam, pembiasaan akhlak, dan berinfaq. Budaya religi ini mendukung terbentuknya profil pelajar Pancasila dimensi pertama. (2) Faktor pendukungnya adalah kolaborasi antara sekolah dan keluarga, kurikulum yang selaras, dan lingkungan yang kondusif. Sementara faktor penghambatnya adalah pengaruh lingkungan luar sekolah, penggunaan media sosial yang tidak bijak, perbedaan minat dan pemahaman siswa, serta keterbatasan waktu dan banyaknya kegiatan.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M. Pd dan Subur, S.Pd.I, M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, budaya religi, P5 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Users 9798 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:36 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:36 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |