Lestari, Danang Wahyu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) BERBANTUAN KARTU TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Pada Kelas 4 Semester 2 di SD N Sutopati 02 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
22.0305.0114_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (472kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
22.0305.0114_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
22.0305.0114_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
22.0305.0114_COVER_PERNYATAAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
22.0305.0114_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Riset ini mempunyai tujuan guna menyelidiki apakah penerapan Model
Pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) Berbantuan Kartu
Terpadu Terhadap Hasil Belajar IPA dapat berpengaruh terhadap hasil belajar IPA
Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran IPA Pada Kelas 4 Semester 2 di SD N
Sutopati 02 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang
Riset ini ialah riset eksperimen dalam desain Pre-Experimental Designs,
jenis one group pretest posttest design. Riset ini mencakup dari 1 variabel bebas
yakni pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) Berbantuan Kartu
Terpadu (X) dan 1 variabel terikat yaitu Hasil Belajar Ipa (Y). Subjek riset diperoleh
dengan cara sampel jenuh. Sampel yang diperoleh sejumlah 20 murid yang
mencakup atas 10 murid laki-laki serta 10 murid perempuan. Metode pengumpulan
data dilaksanakan melalui metode tes. Pengujian validitas instrumen metode tes
melalui penggunaan rumus product moment sementara pengujian reliabilitas
melalui penggunaan rumus Alpha Cronbach yang memakai bantuan program SPSS
for Windows versi 25.00.
Teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan media kartu terpadu
terhadap hasil belajar IPA. Hasil riset membuktikan jika pembelajaran Student
Teams Achievement Divison (STAD) Berbantuan Kartu Terpadu memengaruhi
dengan cara positif terhadap Hasil Belajar IPA. Perihal tersebut ditunjukan melalui
hasil analisa pengujian paired sampel nilai signifikan yang didapatkan yakni 0,000.
Berlandaskan atas hasil analisa, nilai signifikansi yang tidak mencapai 0,05
sedangkan untuk t hitung (-10,426) yang melampaui t tabel (0,444). Berlandaskan
atas hasil analisa serta pembahasan, ditemukan perbedaan skor rerata dalam
pengukuran awal (preetest) sejumlah 37,9 serta pengukuran akhir (posttest)
sejumlah 76,45. Hasil dilaksanakannya riset mampu ditarik kesimpulan jika
pemakaian Pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) Berbantuan
Kartu Terpadu memengaruhi dengan cara positif terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra.Lilis Madyawati, M.Pd. dan Tria Mardiana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD), Kartu Terpadu, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Users 9653 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2025 01:26
Last Modified: 06 Mar 2025 01:26
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4948

Actions (login required)

View Item View Item