Lestari, Danang Wahyu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) BERBANTUAN KARTU TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Pada Kelas 4 Semester 2 di SD N Sutopati 02 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
| 
              
PDF (Skripsi)
 22.0305.0114_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (472kB)  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 22.0305.0114_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 22.0305.0114_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 22.0305.0114_COVER_PERNYATAAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 22.0305.0114_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy  | 
          
Abstract
Riset ini mempunyai tujuan guna menyelidiki apakah penerapan Model 
Pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) Berbantuan Kartu 
Terpadu Terhadap Hasil Belajar IPA dapat berpengaruh terhadap hasil belajar IPA 
Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran IPA Pada Kelas 4 Semester 2 di SD N 
Sutopati 02 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang 
Riset ini ialah riset eksperimen dalam desain Pre-Experimental Designs, 
jenis one group pretest posttest design. Riset ini mencakup dari 1 variabel bebas 
yakni pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) Berbantuan Kartu 
Terpadu (X) dan 1 variabel terikat yaitu Hasil Belajar Ipa (Y). Subjek riset diperoleh 
dengan cara sampel jenuh. Sampel yang diperoleh sejumlah 20 murid yang 
mencakup atas 10 murid laki-laki serta 10 murid perempuan. Metode pengumpulan 
data dilaksanakan melalui metode tes. Pengujian validitas instrumen metode tes 
melalui penggunaan rumus product moment sementara pengujian reliabilitas 
melalui penggunaan rumus Alpha Cronbach yang memakai bantuan program SPSS 
for Windows versi 25.00. 
Teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test untuk 
mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan media kartu terpadu 
terhadap hasil belajar IPA. Hasil riset membuktikan jika  pembelajaran Student 
Teams Achievement Divison (STAD) Berbantuan Kartu Terpadu memengaruhi 
dengan cara positif terhadap Hasil Belajar IPA. Perihal tersebut ditunjukan melalui 
hasil analisa pengujian paired sampel  nilai signifikan yang didapatkan yakni 0,000. 
Berlandaskan atas hasil analisa, nilai signifikansi yang tidak mencapai 0,05 
sedangkan untuk t hitung (-10,426) yang melampaui t tabel (0,444). Berlandaskan 
atas hasil analisa serta pembahasan, ditemukan perbedaan skor rerata dalam 
pengukuran awal (preetest) sejumlah 37,9 serta pengukuran akhir (posttest) 
sejumlah 76,45. Hasil dilaksanakannya riset mampu ditarik kesimpulan jika 
pemakaian Pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) Berbantuan 
Kartu Terpadu memengaruhi dengan cara positif terhadap hasil belajar IPA.
| Item Type: | Karya Ilmiah (S1) | 
|---|---|
| Pembimbing: | Dra.Lilis Madyawati, M.Pd. dan Tria Mardiana, M.Pd. | 
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD), Kartu Terpadu, Hasil Belajar IPA | 
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Depositing User: | Users 9653 not found. | 
| Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:26 | 
| Last Modified: | 06 Mar 2025 01:26 | 
| URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4948 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      