Akbar, Muhammad Rizqi (2017) EFEKTIVITAS METODE MEMBACA TANPA MENGEJA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0188_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0188_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0188_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0188_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas metode membaca tanpa
mengeja untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas I di SD IT
Muhammadiyah Bandongan.
Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2
siklus dimana setiap siklusnya terdiri atas 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah
kelas I yang berjumlah 25 siswa. Populasi penelitian ini adalah 25 siswa. Teknik
sampling yang digunakan adalah total sampling. variabel penelitian menggunakan
2 variabel yaitu Hasil belajar Bahasa Indonesia dan metode membaca tanpa
mengeja berbantuan media flascard. Metode pengumpulan data menggunakan tes
dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran membaca
tanpa mengeja menggunakan flascard dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa
Indonesia pada kelas I SD IT Muhammadiyah Bandongan Kabupaten Magelang.
Peningkatan hasil belajar belajar ini nampak pada pembelajaran siklus 1
ketuntasan belajar pada siklus 1 sebesar 16% mengalami peningkatan pada siklus
2 dimana ketuntasan belajar menjadi 100% dan pada siklus. Nilai rata-rata kelas
selama pembelajaran IPA juga meningkat dimana pada siklus 1 memiliki nilai
rata-rata kelas 65, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 81.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si.(0012045601) dan Rasidi, M.Pd.(0620098801)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Bahasa Indonesia, Membaca tanpa mengeja
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:07
Last Modified: 20 Jan 2025 03:24
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item