Bimantoro, Madani Eko (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KERJA SAMA SISWA ( Penelitian Pada Materi Pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SDN Magelang 5). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 1_20.0305.0038_COVER_BAB I, BAB II, BAB III,BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (766kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 2_20.0305.0038_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
file 3_20.0305.0038_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 5_20.0305.0038_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0038_COVER_SURAT PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY (1).pdf - Published Version

Download (754kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaru model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan Media Audio Visual terhadap kerja sama siswa Kelas IV mata pelajaran Pendidikan Pancasila SD Negeri Magelang 5.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan Pre-Experimental One Group Pretest- Posttest Desaign. Tehnik pengumpulan data dengan kegiatan berupa 1)Observasi2) instrument angket. Sampel yang digunakan adalah kelas IV sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 14 siswa di SD Negeri Magelang 5. Penelitian menggunakan tekhnik sampling instrumentpada penelitian ini menggunakan angket dilakukan dua kali berupa pre-test yang diberikan sebelum perlakuan dan post-test diberikan setelah perlakuan. Adapun uji statistic yang digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu Wilcoxon berbantuan spss versi 27.
Hasil dari penelitian ini mendapatkan hasil bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap kerja sama siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Pola Hidup Gotong Royong. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai pretest 65<post-test 87. Hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,001<0,05, maka dapat disimpulkan penggunaan model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) memeiliki pengaruh terhadap kerja sama siswa Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri Magelang 5.

Kata Kunci: Think Pair Share (TPS); Pendidikan Panca Sila (PP);Kerja Sama.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr.Dhuta Sukmarani,M.Si. dan Agrissto Bintang A.P,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS); Pendidikan Panca Sila (PP);Kerja Sama.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Users 9807 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2025 02:58
Last Modified: 07 Mar 2025 02:58
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item