Wardani, Anis Wahyu Kusuma (2025) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Slow Learner di MI Ma'arif Banjarsari. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (SKRIPSI)
20.0401.0008_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (651kB) |
![]() |
PDF (SKRPSI)
20.0401.0008_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (SKRPSI)
20.0401.0008_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (SKRIPSI)
20.0401.0008_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (SKRPSI)
20.0401.0008_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (167kB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran guru harus selalu memberikan motivasi kepada siswanya, motivasi belajar merupakan dorongan pada diri siswa untuk mengikuti serangkaian pembelajaran. Dan untuk memotivasi siswa tenaga didik tidak hanya menggunakan satu strategi saja tetapi menggunakan berbagai strategi yang efektif untuk siswanya, karena siswa yang di hadapi juga dengan berbagai karakteristik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa slow learner di MI Ma’arif Banjarsari. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalahpenelitian dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan naratif deskriptif melalui penelusuran sumber data primer dan data sekunder yang bertujuan mengeksplorasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa slow learner di MI Ma’arif serta faktor penghambat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi siswa slow learner yaitu : a) Pujian dan penghargaan, b) Motivasi intrinsik, c) Minat dan bakat, d) Pendekatan Personal, kemudian strategi guru memiliki enam (6) faktor diantaranya : a) Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, b) metode kelompok, c) metode penghargaan, d) metode teknologi digital, e)mengikut sertakan keterlibatan orang tua, e) Mengembangkan kepercayaan diri, adapun faktor penghambat belajar siswa slow learner ditemukan enam (6) penghambat diantaranya : a) kesulitan memori, b) Kesulitan mengorganisir waktu, c) Kurangnya keterampilan dalam belajar, d) Faktor sosial, e) faktor keturunan, f)memberikan waktu dan kesabaran.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. ImroN, S.Ag. M.A dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru PAI, Siswa Slow Learner |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Users 9789 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 07:36 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 07:36 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |