Mustaqim, Alif (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH BULLYING DI SD NEGERI JATI 02 SAWANGAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0401.0042_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (348kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0401.0042_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0401.0042_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0401.0042_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0401.0042_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (203kB)

Abstract

Bullying adalah bentuk perilaku agresivitas yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan untuk melukai dan menindas seseorang yang di anggapnya lebih rendah dan lebih lemah dari diri pelaku Bullying guna untuk memperoleh kekuasaan. Berbagai permasalahan masih terjadi di lingkungan sekolah SD NegeriJati 02 Sawangan, termasuk Bullying verbal maupun Bullying fisik. Sebagaimana Bullying merupakan suatu bentuk perilaku negatif yang diwujudkan dengan perlakuan secara tidak sopan dan penggunaan kekerasan atau paksaan untuk mempengaruhi orang lain, yang dilakukan secara berulang atau berpotensi untuk
terulang. Maka dari itu pentingnya peran guru pendidikan agama Islam dalam mencegahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk Bullying yang ada di SD Negeri Jati 02 Sawangan, peran guru pendidikan agama Islam dalam mencegahnya dan hambatan serta solusi yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Jati 02 Sawangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpula data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk Bullying verbal: Memanggil nama orang tua sebagai bentuk ejekan dan ejekan fisik, bentuk Bullying fisik: Mendorong, memukul, mengganggu saat sholat. Bentuk Bullying mental: tatapan sinis, menghindar secara sengaja, menertawakan jika berbuat salah. 2)Peran guru pendidikan agama Islam dalam mencegah Bullying di
lingkungan sekolah: pendekatan emosional, memberikan hukuman, dan menjalin komunikasi dengan guru kelas dan wali murid. 3)Kendala dan solusi yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam. Kendala: keadaan siswa yang tidak menentu terkadang di dalam sekolah baik di luar tidak. Kurangnya pendampingan orang tua dirumah dan kurangnya pengertian anak mengenai perilaku Bullying. Solusi: menjalin komunikasi yang intens dengan orang tua agar mengetahui kondisi siswa secara keseluruhan, memberikan pengertian mengenai sebab, akibat, dan upaya pencegahan Bullying kepada siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Imron, M.A dan Istania Widayati Hidayti, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran guru Pendidikan Agama Islam, Mencegah Bullying, Peran Guru Mencegah Bullying, Guru PAI, Peran Guru PAI, Bullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Users 9832 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2025 07:08
Last Modified: 03 Mar 2025 07:21
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4930

Actions (login required)

View Item View Item