Lafirda, Nafis Avi (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMK NEGERI 2 TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
file 1_20.0401.0009_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (586kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
file 2_20.0401.0009_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 3_20.0401.0009_COVER-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 4_20.0401.0009_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 5_PERNYATAAN_UNGGAH_REPOSITORI.pdf - Published Version

Download (69kB)

Abstract

Kondisi motivasi belajar peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Untuk itu diperlukan strategi pembelajaran yang efektif untuk mengatai permasalahan tersebut. Stategi yang dapat digunakan oleh guru adalah pembelajaran berdiferensiasi yang dalam pelaksanaanya mengacu pada kebutuhan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi, serta faktor pendukung dan penghambat dari strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan motivasi belajar. Jenis Penelitian ini termasuk penelitian menganalisis data di lapangan (field research) Dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan meliputi 1) Penggunaan metode dan model pembelajaran menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. 2) Penggunaan media pembelajaran menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. 3) Pemberian tugas proyek menyesuaikan minat dan bakat siswa. 4) Pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar di luar kelas. Adapun faktor pendukungnya meliputi 1) Perkembangan teknologi yang memudahkan guru dalam menyampaikan pembelajaran. 2) Penyediaan sarana dan prasarana yang maksimal demi kelancaran kegiatan belajar mengajar. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi 1) Kurangnya keaktifan siswa. 2) Hadirnya sistem jam blok. 3) Pemberian tugas yang berlebihan.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag dan Subur, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: Users 9810 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2025 04:21
Last Modified: 03 Mar 2025 04:21
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4909

Actions (login required)

View Item View Item