Satria, Ahmad Fathan Harris (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA DANCER (DADU DAN CERITA) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SD MATERI SEGI EMPAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
File 1_19.0305.0118_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (459kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 2_19.0305.0118_COVER_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 3_19.0305.0118_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 5_19.0305.0118_PERNYATAAN_UNGGAH_REPOSITORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
File 4_19.0305.0118_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Team Games Tournament (TGT) berbantuan media DANCER (Dadu dan Cerita) terhadap pemahaman matematis siswa kelas IV di SD Negeri Candisari pada materi segiempat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperiment dengan desain penelitian one group pretest posttest. Subjek penelitian ini ditentukan menggunakan sampling jenuh, adapun sampel yang digunakan yaitu semua siswa kelas IV di SD Negeri Candisari yang berjumlah 21 siswa. Selain itu metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes uraian pemahaman konsep matematis. Uji validitas dilakukan sebanyak dua kali yaitu melalui dosen ahli (expert judgement) serta validitas tes (test validity) dengan teknik korelasi product moment dari Karl Pearson. Selanjutnya dilakukan uji normalitas serta reliabilitas dengan rumus cornbach’s alpha menggunakan bantuan IBM SPSS. Selain itu pada penelitian ini juga menerapkan uji tingkat kesukaran soal serta uji daya pembeda. Adapun uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dengan uji Shapiro Wilk. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan yaitu uji Paired Sample t-Test.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model Team Games Tournament (TGT) berbantuan media DANCER berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil uji Paired Sample t-Test yang menunjukkan bahwa nilai probabilitas sebesar 0,000 yang artinya kurang dari 0,05. Sedangkan t hitung menunjukkan nilai 23,746 yanga artinya kurang dari t tabel yaitu 2,079. Selain itu berdasarkan hasil analisis data terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest yaitu 39,81 serta rata-rata nilai posttest yaitu 83,81 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Team Games Tournament (TGT) berbantuan media DANCER berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Galih Istiningsih, M.Pd dan Dr. Dhuta Sukmarani, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Team Games Tournament, DANCER, Pemahaman Konsep Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Users 9781 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:14 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:14 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |