Hananun, Inasa Seva (2025) DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA KEMAMPUAN BERSOSIALISASI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
file 1_19.0305.0113_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (463kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
file 2_19.0305.0113_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
file 3_19.0305.0113_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
file 4_19.0305.0113_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
file 5_19.0305.0113_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji dampak penggunaan smartphone terhadap kemampuan bersosialisasi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ngadirejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung dalam konteks era digital. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menjelaskan peran penggunaan smartphone dalam kemampuan bersosialisasi siswa serta mengidentifikasi dampak positif dan negatif yang ditimbulkan, baik di lingkungan sekolah maupun tempat tinggal mereka.
Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi aktivitas siswa. Fokus penelitian diarahkan pada pola penggunaan smartphone dan pengaruhnya terhadap berbagai aspek sosialisasi siswa.
Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan signifikan. Pertama, siswa pengguna smartphone aktif memiliki jaringan pertemanan yang lebih luas dan beragam melalui media sosial dan game online. Kedua, terjadi peningkatan kemampuan komunikasi digital siswa, termasuk penambahan kosakata dan kemampuan kolaborasi online. Ketiga, penggunaan smartphone berkontribusi pada peningkatan kepercayaan diri siswa dalam mengungkapkan pendapat dan memulai interaksi dengan orang baru.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan smartphone yang terarah dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa dalam konteks modern. Namun, diperlukan keseimbangan antara interaksi online dan offline, serta pengawasan orang tua yang tepat. Rekomendasi utama adalah perlunya kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan siswa untuk menciptakan lingkungan digital yang sehat dan mendukung perkembangan sosial positif.
Kata kunci: smartphone, kemampuan bersosialisasi, siswa sekolah dasar, media sosial, interaksi digital
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Agrissto Bintang A P,M.Pd. dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | smartphone, kemampuan bersosialisasi, siswa sekolah dasar, media sosial, interaksi digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Users 9780 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:13 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:13 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |