Hananun, Inasa Seva (2025) DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA KEMAMPUAN BERSOSIALISASI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
file 1_19.0305.0113_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (463kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
file 2_19.0305.0113_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
file 3_19.0305.0113_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
file 4_19.0305.0113_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
file 5_19.0305.0113_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak penggunaan smartphone terhadap kemampuan bersosialisasi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ngadirejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung dalam konteks era digital. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menjelaskan peran penggunaan smartphone dalam kemampuan bersosialisasi siswa serta mengidentifikasi dampak positif dan negatif yang ditimbulkan, baik di lingkungan sekolah maupun tempat tinggal mereka.

Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi aktivitas siswa. Fokus penelitian diarahkan pada pola penggunaan smartphone dan pengaruhnya terhadap berbagai aspek sosialisasi siswa.

Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan signifikan. Pertama, siswa pengguna smartphone aktif memiliki jaringan pertemanan yang lebih luas dan beragam melalui media sosial dan game online. Kedua, terjadi peningkatan kemampuan komunikasi digital siswa, termasuk penambahan kosakata dan kemampuan kolaborasi online. Ketiga, penggunaan smartphone berkontribusi pada peningkatan kepercayaan diri siswa dalam mengungkapkan pendapat dan memulai interaksi dengan orang baru.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan smartphone yang terarah dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa dalam konteks modern. Namun, diperlukan keseimbangan antara interaksi online dan offline, serta pengawasan orang tua yang tepat. Rekomendasi utama adalah perlunya kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan siswa untuk menciptakan lingkungan digital yang sehat dan mendukung perkembangan sosial positif.

Kata kunci: smartphone, kemampuan bersosialisasi, siswa sekolah dasar, media sosial, interaksi digital

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Agrissto Bintang A P,M.Pd. dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: smartphone, kemampuan bersosialisasi, siswa sekolah dasar, media sosial, interaksi digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Users 9780 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2025 01:13
Last Modified: 06 Mar 2025 01:13
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4889

Actions (login required)

View Item View Item