Surahmat, Surahmat (2025) ANALISIS MANAJEMEN KELAS BERBASIS PROFETIK DI PPS AL-FURQON SAWANGAN DAN PPTQ AL-FURQON MUNGKID. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Tesis)
File 1_21.0406.0007_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Published Version Download (939kB) |
![]() |
PDF (Tesis)
File 2_21.0406.0007_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (861kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Tesis)
File 3_21.0406.0007_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Tesis)
File 4_21.0406.0007_FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Tesis)
File 5_21.0406.0007_PERNYATAAN_UNGGAHAN_REPOSITORY.pdf - Published Version Download (400kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen kelas berbasis profetik di PPS Al-Furqon Sawangan dan PPTQ Al-Furqon Mungkid. Fokus utama penelitian adalah bagaimana nilai-nilai profetik yang bersumber dari Al-Qur'an dan As-Sunnah diintegrasikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen kelas untuk membentuk karakter Islami santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen pada kedua lembaga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan, PPS Al-Furqon Sawangan menitikberatkan pada observasi kebutuhan santri dan pelatihan guru dalam metode profetik seperti hikmah, mauizhah hasanah, dan keteladanan. Sementara itu, PPTQ Al-Furqon Mungkid memfokuskan pada penyusunan tujuan kelas yang mendukung pembentukan akhlakul karimah sesuai karakteristik santri. Pelaksanaan di kedua lembaga menekankan pengaplikasian nilai-nilai profetik secara dinamis. Di PPS Al-Furqon Sawangan, metode supervisi rutin dan pendekatan interaktif digunakan untuk menjaga interaksi yang harmonis, sedangkan di PPTQ Al-Furqon Mungkid pendekatan Targhib dan Tarhib memperkuat kedekatan emosional antara guru dan santri. Evaluasi dilakukan secara berkala melalui observasi perkembangan karakter santri, penilaian kinerja guru, dan capaian akademik, yang menunjukkan peningkatan disiplin dan keterlibatan aktif santri dalam kegiatan belajar.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen kelas berbasis profetik efektif dalam membina karakter Islami santri dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan kebijakan pendidikan Islami berbasis nilai-nilai profetik di lingkungan pesantren serta dapat menjadi rujukan dalam implementasi pendidikan berbasis karakter di lembaga serupa
Item Type: | Karya Ilmiah (S2) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, M.A. dan Dr. Nurodin Usman, Lc., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kelas berbasis profetik, Pendidikan karakter Islami, Nilai-nilai Al-Qur'an dan As-Sunnah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | Users 9786 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 06:38 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 06:38 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |