Fitri, Mutiara (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TRUE OR FALSE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPS. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0180_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (698kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0180_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0180_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0180_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
aktif true or false terhadap aktivitas belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri
Magersari 2 Kota Magelang.
Metode penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan
menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest design yaitu
eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok
pembanding (Arikunto, 2013: 212). Variabel penelitian ini terdiri dari variabel
bebas dan varibel terikat, dimana variabel bebas yaitu model pembelajaran aktif
true or false dan variabel terikat yaitu meningkatkan aktivitas belajar IPS.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa selembaran angket dan lembar
observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri
Magersari 2 Kota Magelang sejumlah 198 siswa, namun untuk dijadikan sampel
dalam penelitian ini adalah 28 siswa dari kelas IV SD Negeri Magersari 2 Kota
Magelang yang dijadikan sasaran sebagai kelompok eksperimen. Teknik analisis
data menggunakan uji paired sample T-Tes untuk menguji pengaruh aktivitas
belajar IPS siswa sebelum dan sesudah perlakuan berbeda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
aktif true or false dapat meningkatkan aktivitas belajar dimana hasil analisi data
menunjukan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, artinya terdapat perbedaan aktivitas
belajar IPS siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hal ini dapat dimaknai bahwa
pembelajaran setelah menggunakan model pembelajaran aktif true or false dapat
meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa dibandingkan dengan pembelajaran
yang tidak menggunakan model konvesional atau ceramah. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran aktif true or
false terhadap aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Magersari 2 Kota
Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, M.Si., Kons (0002086001) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar IPS, Model Pembelajaran Aktif True Or False |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 01:43 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 02:15 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |