Asmarani, Cinde Arum (2017) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN KEMAMPUAN OTONOMI BELAJAR ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0176_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (640kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0176_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0176_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0176_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peran orangtua
dan kemampuan otonomi belajar anak terhadap hasil belajar. Penelitian dilakukan
di SD Negeri Tidar 1 Kota Magelang.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua dan siswa kelas tinggi SD
Negeri Tidar 1. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random
sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 yang terdiri dari 47 orang
siswa dan 47 orang tua siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan lembar angket dan pencermatan dokumen hasil belajar anak semester
genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknik analisis data yang digunakan adalah
anaisis regresi statistik parametic dengan bantuan SPSS versi 16.0 for Windows..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan positif dan signifikan
antara peran orang tua terhadap hasil belajar dengan nilai r hitung sebesar 0,442
persentase hubungan sebesar 19,6%; 2) adanya hubungan positif dan siginifikan
antara kemampuan otonomi belajar anak terhadap hasil belajar dengan nilai r hitung
sebesar 0,565 dan persentase hubungan sebesar 31,9%; 3) terdapat hubungan positif
dan signifikan antara peran orang tua dan kemampuan otonomi belajar anak
terhadap hasil belajar dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 10,297 >
3,195 dan persentase hubungan antara ketiga variabel adalah 31,9%. Dengan
demikian peran orang tua dan kemampuan otonomi belajar anak secara bersamasama
memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd, Kons. (0008015701) dan Septiyati Purwandari, M.Pd. (0601098303) |
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Kemampuan Otonomi Belajar Anak, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 01:43 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 03:41 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |