Anifah, Eko Siti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0172_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (970kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0172_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0172_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0172_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Scramble terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II
di SD Negeri 3 Purwosari Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung Tahun
ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni (True
Experimental Design) dengan model Pretest Posttest Control Group Design.
Subjek Penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil
sebanyak 39 orang siswa terdiri dari 20 siswa kelompok eksperimen dan 19 siswa
kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
observasi keterampilan membaca permulaan. Uji prasyarat terdiri dari uji
normalitas, dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik non
parametrik yaitu uji Mann-Whiteney dengan bantuan program SPSS for Windows
versi 22.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Scramble
berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis Uji Mann-Whiteney pada kelompok eksperimen
dengan nilai sig (2-tailed) 0,000< 0.05. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan nilai rata-rata keterampilan membaca permulaan
siswa antara kelompok eksperimen sebesar 81.62 dan kelompok kontrol sebesar
69.47. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Scramble berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si. (0611098203) dan Dhuta Sukmarani, M.Si. (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Scramble, Keterampilan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 03:00
Last Modified: 20 Jan 2025 08:08
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item