Anifah, Eko Siti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0172_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (970kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0172_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0172_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0172_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Scramble terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II
di SD Negeri 3 Purwosari Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung Tahun
ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni (True
Experimental Design) dengan model Pretest Posttest Control Group Design.
Subjek Penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil
sebanyak 39 orang siswa terdiri dari 20 siswa kelompok eksperimen dan 19 siswa
kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
observasi keterampilan membaca permulaan. Uji prasyarat terdiri dari uji
normalitas, dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik non
parametrik yaitu uji Mann-Whiteney dengan bantuan program SPSS for Windows
versi 22.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Scramble
berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis Uji Mann-Whiteney pada kelompok eksperimen
dengan nilai sig (2-tailed) 0,000< 0.05. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan nilai rata-rata keterampilan membaca permulaan
siswa antara kelompok eksperimen sebesar 81.62 dan kelompok kontrol sebesar
69.47. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Scramble berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Hermahayu, M.Si. (0611098203) dan Dhuta Sukmarani, M.Si. (0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Scramble, Keterampilan Membaca Permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 03:00 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 08:08 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |