Husin, Husin (2025) TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN (Studi di MI Puti Bungsu Al-Muhajirin Denpasar dan SD Muhammadiyah 1 Denpasar). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (TESIS)
22.0406.0019_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (785kB) |
![]() |
PDF (TESIS)
22.0406.0019_CAVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (TESIS)
22.0406.0019_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (TESIS)
22.0406.0019_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (TESIS)
22.0406.0019_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (128kB) |
Abstract
HUSIN: TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN
(Studi di MI Puti Bungsu Al-Muhajirin Denpasar dan SD Muhammadiyah 1 Denpasar). Tesis Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di MI Puti Bungsu Al-Muhajirin Denpasar dan SD Muhammadiyah 1 Denpasar. Fokus penelitian diarahkan pada tiga aspek utama: (1) perencanaan mutu (quality planning) dalam mendukung pelaksanaan GSM, (2) implementasi TQM dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui GSM, dan (3) bentuk konkret penerapan TQM dalam GSM di kedua sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Lokasi penelitian dipilih berdasarkan implementasi GSM yang telah konsisten dan terukur. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan orang tua, observasi kegiatan pembelajaran, serta analisis dokumen terkait. Teknik analisis tematik digunakan untuk mengidentifikasi pola dan keterkaitan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan hasil penerapan TQM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan mutu di kedua sekolah dilakukan secara sistematis dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk merumuskan visi, misi, dan tujuan yang mendukung terciptanya lingkungan belajar yang menyenangkan. Implementasi TQM meliputi penguatan budaya sekolah yang inklusif, pembelajaran berbasis kebutuhan siswa, serta pengembangan kompetensi guru secara berkelanjutan.
Bentuk nyata penerapan TQM terlihat dari pengelolaan lingkungan belajar yang ramah siswa, pemanfaatan teknologi pendidikan, dan evaluasi berkesinambungan terhadap efektivitas program. Kesimpulannya, penerapan TQM melalui GSM mampu meningkatkan mutu pendidikan secara signifikan dengan menciptakan suasana belajar yang inovatif, menyenangkan, dan inklusif, yang secara holistik melibatkan siswa, guru, dan orang tua dalam proses pendidikan.
Kata Kunci: Total Qualiti Manajemen, Mutu Pendidikan, Gerakan Sekolah Menyenangkan
Item Type: | Karya Ilmiah (S2) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, S.Ag., MA. dan Dr. M. Tohirin, M. Ag |
Uncontrolled Keywords: | Total Qualiti Manajemen, Mutu Pendidikan, Gerakan Sekolah Menyenangkan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | Users 9682 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:07 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 02:07 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |