Latifah, Afif Alya Nur (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0025_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (411kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0025_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0025_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0025_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0025_COVER_PERNYATAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (278kB) |
Abstract
Kasus penyimpangan yang dilakukan remaja menjadi tanda menurunnya moral siswa. Untuk mewujudkan remaja dengan moral yang sesuai dengan ajaran Islam dan norma di masyarakat, pembinaan akhlak pada anak menjadi poin penting guna menghantarkan anak pada pribadi sesuai yang diharapkan. Pembinaan akhlak di lembaga pendidikan tidak dapat dipisahkan dari hubungan antara guru dan siswa. Maka itu memiliki strategi yang tepat itu penting agar poin-poin dalam pembinaan akhlak tersampaikan dan dapat mewujudkan akhlak baik pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam membina akhlak siswa. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang dengan (1) Keteladanan. (2) Pembiasaan. (3) Pendekatan personal. (4) Pemberian penghargaan dan hukuman. Faktor pendukung meliputi fasilitas yang lengkap dan adanya kegiatan keagamaan seperti kajian rutin Sopo Tresno dan pengabdian Taman Pendidikan al Quran. Adapun faktor penghambatnya yaitu kesadaran beragama siswa yang membolos salat berjamaah dan kurangnya perhatian orang tua dalam hal ketertiban salat.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M. Pd dan Istania Widayati Hidayati, M. Pd. I |
Uncontrolled Keywords: | akhlak, strategi, PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Users 9756 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 02:41 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 02:41 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |