Wigati, Asti (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR KARTUN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0146_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (561kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0146_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0146_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0146_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
gambar kartun terhadap hasil belajar IPS. Hasil belajar merupakan proses dalam
diri individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan perubahan
dalam perilakunya. Perubahan itu diperoleh melalui usaha (bukan karena
kematangan), menetap dalam waktu yang relatif lama dan merupakan hasil
pengalaman.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan
desain one group pretest posttest dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN
Kataan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 siswa.
Teknik pengumpulan data berupa tes (pretest dan posttest). Analisis yang
digunakan uji t (paired sampel t-test).
Hasil penelitian ini adalah penggunaan media gambar kartun berpengaruh
terhadap peningkatan hasil belajar IPS. Hal tersebut terbukti dengan
meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest sebelum dan sesudah diberi
media gambar kartun. Rata-rata nilai pretest sebelum menggunakan media gambar
kartun adalah 51.30, sedangkan nilai posttest sesudah perlakuan yaitu 73.84.
Peningkatan hasil belajar IPS tersebut dilihat dari hasil uji t paired sample yang
menunjukkan nilai signifikasi = 0,000 (kurang dari 0,05) dan besar dari thitung =-
10,079 (tanda “minus nmenunjukan ada yang beda) lebih besar dari ttabel yaitu
2,063. Hal tersebut berarti ada peningkatan hasil belajar IPS yang signifikasi
setelah dilakukan treatment, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengggunaan
media gambar kartun berpengaruh secara positif terhadap peningkatan hasil
belajar IPS.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, M.Pd, Kons. (0002086001) dan Dhuta Sukmarani, M.Si.(0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | media gambar kartun, hasil belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 02:47 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 07:13 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |