Prasetyo, Adang (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0134_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (606kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0134_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0134_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0134_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV
SD N Sewukan tahun ajaran 2016/ 2017.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian ini
menggunakan True Experimental Design dengan Pretest-Posttest Control Group
Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Sewukan
yang berjumlah 40 siswa. yang terdiri dari kelas IVA berjumlah 20 siswa dan
kelas IVB berjumlah 20 siswa.dengan diberi perlakuan menggunakan model
pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan tes. Analisis yang digunakan adalah uji t indepentdent sample t test
dengan membandingkan nilai posttest. Analisis ini digunakan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ipa siswa
kelas IV SD Negeri Sewukan
Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing
berpengaruh terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV SD Negeri Sewukan. Hal
tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil Pada post-test dari kelas
eksprimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh
mean (nilai rata-rata) 83,60. Sedangkan untuk kelas kontrol yang diberi perlakuan
dengan menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai posttest
dari kelas kontrol mean (nilai rata-rata) sebesar 71,80. Peningkatan nilai rata-rata
sebesar 11,8 dan diperoleh hasil uji independent sample t test diperoleh hasil nilai
thitung 5,816 > t tabel 1,685 dan diperoleh nilai signifikasi kurang dari 0,05(p =0,000
< 0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang
artinya model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar
ipa siswa kelas IV SD Negeri Sewukan.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs.H.Subiyanto,M.Pd.,(0007085701) dan Galih Istiningsih, M.Pd.(0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil belajar IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 02:40 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 03:50 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |