Rahmawati, Arum (2025) KUALIFIKASI PENDIDIKAN GURU DAN PENATAAN LINGKUNGAN FISIK INDOOR (PENELITIAN KORELASIONAL PADA TK ABA DI KECAMATAN MUNTILAN). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0304.0014_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0304.0014_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0304.0014_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0304.0014_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0304.0014_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara kualifikasi
pendidikan guru dan penataan lingkungan fisik indoor pada TK ABA di Kecamatan
Muntilan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kualifikasi pendidikan
guru dalam mendukung terciptanya lingkungan belajar yang kondusif dan aman
untuk perkembangan anak usia dini. Kualifikasi guru berperan penting dalam
menentukan kualitas pengelolaan kelas, terutama dalam penataan fisik ruang
belajar yang mendukung interaksi positif dan kenyamanan belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
korelasional. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang disebarkan kepada 40 guru
dari TK ABA di Kecamatan Muntilan. Pengolahan data dilakukan melalui uji
statistik yaitu uji korelasi regresi sederhana menggunakan perangkat lunak SPSS
versi 26 untuk menguji hipotesis tentang hubungan kedua variabel tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara kedua variabel tersebut
berada pada kategori sangat rendah dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,139.
Guru dengan kualifikasi pendidikan yang lebih tinggi menunjukkan kemampuan
yang lebih baik dalam mengatur lingkungan fisik kelas yang mendukung proses
belajar mengajar secara optimal. Hal ini menunjukkan pentingnya peningkatan
kualifikasi pendidikan bagi guru PAUD dalam menciptakan lingkungan belajar
yang efektif.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Khusnul Laely, S.Pd., M.Pd. dan Reza Edwin Sulistyaningtyas, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kualifikasi guru, penataan lingkungan fisik PAUD, TK ABA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: Users 9678 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2025 02:45
Last Modified: 24 Feb 2025 02:45
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4756

Actions (login required)

View Item View Item