Tyas Wulan Dhari, Margita (2025) STUDI KASUS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
FILE 1_21.0304.0007_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (538kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
FILE 2_21.0304.0007_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
FILE 3_21.0304.0007_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
FILE 4_21.0304.0007_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
FILE 5_21.0304.0007_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara terfokus tentang bagaimana perkembangan kognitif serta peran lingkungan terhadap anak berkebutuhan khusus tunarungu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman, melalui proses reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di TK Universal, tepatnya beralamat di di jalan Cipto Mangunkusumo No.32 Gendengan, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kode Pos 56212.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Meskipun perkembangan kognitif anak berkebutuhan khusus tunarungu memiliki hambatan dalam pendengaran, namun untuk kognitifnya sama seperti anak reguler seusianya. Jadi untuk tunarungu ini tidak berpengaruh ke kognitif subjek penelitian. 2) Peran lingkungan yang berpengaruh terhadap anak meliputi: lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Dalam lingkungan rumah terdapat peran orang dewasa di rumah. Sedangkan dalam peran lingkungan sekolah terdapat program sekolah, sarana dan prasarana, dan fasilitas sekolah yang dapat menunjang kemampuan anak.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si dan Febru Puji Astuti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kognitif, Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: FKIP 21.0304.0007
Date Deposited: 06 Mar 2025 00:54
Last Modified: 06 Mar 2025 00:54
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4753

Actions (login required)

View Item View Item