Tyas Wulan Dhari, Margita (2025) STUDI KASUS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
FILE 1_21.0304.0007_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (538kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
FILE 2_21.0304.0007_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (564kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
FILE 3_21.0304.0007_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
FILE 4_21.0304.0007_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
FILE 5_21.0304.0007_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara terfokus tentang bagaimana perkembangan kognitif serta peran lingkungan terhadap anak berkebutuhan khusus tunarungu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman, melalui proses reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di TK Universal, tepatnya beralamat di di jalan Cipto Mangunkusumo No.32 Gendengan, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kode Pos 56212.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Meskipun perkembangan kognitif anak berkebutuhan khusus tunarungu memiliki hambatan dalam pendengaran, namun untuk kognitifnya sama seperti anak reguler seusianya. Jadi untuk tunarungu ini tidak berpengaruh ke kognitif subjek penelitian. 2) Peran lingkungan yang berpengaruh terhadap anak meliputi: lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Dalam lingkungan rumah terdapat peran orang dewasa di rumah. Sedangkan dalam peran lingkungan sekolah terdapat program sekolah, sarana dan prasarana, dan fasilitas sekolah yang dapat menunjang kemampuan anak.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si dan Febru Puji Astuti, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Kognitif, Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1) |
Depositing User: | FKIP 21.0304.0007 |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 00:54 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 00:54 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4753 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |