Handayani, Tutik (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA INGGRIS. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0130_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0130_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0130_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0130_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe make a match terhadap peningkatan kemampuan menulis kosakata bahasa inggris pada
siswa kelas III SD Negeri Kemirirejo 3 Magelang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen murni (True Experiment
Design) dengan desain penelitian eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Pada
desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok kontrol yang diambil dari kelas III B
sebanyak 33 siswa dan kelompok eksperimen yang diambil dari siswa kelas III A sebanyak
33 siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Kemirirejo 3
Magelang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, yang mengambil
sampel dari seluruh jumlah populasi yang ada. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak
66 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes tertulis pada ranah
kognitif. Metode analisis data yang digunakan adalah uji anova (analysis of variance).
Hasil penelitian dari pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match
terhadap peningkatan kemampuan menulis kosakata bahasa inggris, dihitung menggunakan
uji Anova melalui teknik One-way Anova dengan bantuan pogram SPSS 16.0 for Windows.
Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan nilai fhitung sebesar 31,018 dengan ftabel sebesar
3,991(fhitung >ftabel ) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 (Signifikansi < 0,05) yang artinya,
terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttest pada kelompok kontrol posttest pada
kelompok eksperimen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menulis
kosakata bahasa inggris pada siswa kelas III SD Negeri Kemirirejo 3 Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons.(0012096606) dan M A Noviudin Pritama, M.Pd (0625118801)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif make a match, kemampuan menulis, kosakata bahasa inggris.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:39
Last Modified: 22 Jan 2025 03:14
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item