Aisyah, Fitriana Nur (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRABBLE TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0129 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0129 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0129 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0129 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
scrabble terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa
kelas III SD Negeri Wonolelo 3 Sawangan.
Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental. Rancangan
penelitian eksperimen ini digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu
terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali dengan rancangan tes awalakhir
pada satu kelompok (One Group Pretest-Posttest Design). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Wonolelo 3
Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak
20 subjek. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode tes. Analisis
data menggunakan teknik statistik nonparametrik yaitu Uji Peringkat-Bertanda
Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media
scrabble terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris di Sekolah
Dasar Negeri Wonolelo 3 Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Tahun
Pelajaran 2016/2017. Hal itu ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil
penguasaan kosakata Bahasa Inggris berdasarkan ukuran antara sebelum dan
sesudah dilakukan perlakuan berupa media scrabble. Pada pengukuran awal
diperoleh skor pengukuran awal rata-rata 43,25, nilai minimal 30, maksimal 60.
Selanjutnya setelah diberi perlakuan berupa media scrabble dan dilakukan
pengukuran kembali diperoleh skor rata-rata sebesar 70,75, nilai minimal 60, nilai
maksimal 80. Uji hipotesis diperoleh Asymp ig 2 (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05
dan Z skor sebesar -3,854 sehingga hipotesis : “Ada pengaruh penggunaan media
scrabble terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris di Sekolah
Dasar Negeri Wonolelo 3 Tahun 2016/2017,” diterima.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi.(0614107401) dan Ela Minchah L.A. M.Psi.Psi.(0606018701)
Uncontrolled Keywords: Media Scrabble, Kosakata Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:37
Last Modified: 20 Jan 2025 02:54
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item View Item