Sumarsilah, Sumarsilah (2025) MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK USIA DINI BERBASIS AL-QUR'AN DI TK ABA SE KAPANEWON PAKEM SLEMAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Tesis] PDF (Tesis)
22.0406.0013_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BABV_DAFPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (788kB)
[thumbnail of Tesis] PDF (Tesis)
22.0406.0013_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Tesis] PDF (Tesis)
22.0406.0013_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
[thumbnail of Tesis] PDF (Tesis)
22.0406.0013_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Tesis] PDF (Tesis)
22.0406.0013_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model strategi manajemen pengembangan karakter berbasis Al-Qur’an di TK ABA se-Kapanewon Pakem, Sleman. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan karakter anak didik dan berfokus pada identifikasi kendala dan solusi yang dihadapi dalam implementasi manajemen strategi pengembangan karakter anak usia dini di setiap TK ABA se-Kapanewon Pakem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di TK ABA se-Kapanewon Pakem, meliputi TK ABA Watuadeg, Purwobinangun, Pakem, TK ABA Candi, Purwobinangun, Pakem, dan TK ABA Boyong, Hargobinangun, Pakem. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan metode triangulasi. Analisis data dilakukan menggunakan model analisis Miles dan huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model manajemen strategi yang diterapkan di TK ABA Watuadeg, TK ABA Boyong, dan TK ABA Candi berhasil mendukung pengembangan karakter Islami anak usia dini. Strategi dilakukan melalui tahapan sistematis meliputi analisis lingkungan, perumusan strategi berbasis visi dan misi, implementasi program terstruktur, serta evaluasi berkelanjutan. Pendekatan berbasis teori Hunger & Wheelen diterapkan dengan fokus pada pengelolaan sumber daya, keterlibatan pemangku kepentingan, dan pencapaian tujuan pendidikan. Program-program seperti shalat dhuha berjamaah, hafalan doa, serta pembiasaan nilai-nilai sosial seperti gotong royong dirancang untuk menanamkan nilai moral dan spiritual sejak usia dini. (2) Nilai-nilai karakter utama yang dikembangkan meliputi religiusitas, kedisiplinan, tanggung jawab, dan empati. Pendekatan yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan anak usia dini memastikan nilai tersebut diinternalisasi secara alami. (3) Implementasi strategi pada TK ABA se-Kapanewon Pakem menghadapi berbagai kendal, seperti keterbatasan ekonomi wali murid, kurangnya sarana dan prasarana, pengaruh budaya lokal dan penggunaan gadget, serta ketidakkonsistenan pendekatan pendidikan antara rumah dan sekolah. Untuk mengatasi kendala ini, solusi yang ditemukan dari TK ABA se Kapanewon beragam, seperti pemberian subsidi pendidikan, program parenting, optimalisasi fasilitas Islami, dan inovasi pembelajaran kokurikuler telah diimplementasikan.

Item Type: Karya Ilmiah (S2)
Pembimbing: Dr. Imron, MA dan Dr. Nurodin Usman, Lc, MA
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Pengembangan Karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: FAI 22.0406.0013
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:16
Last Modified: 06 Mar 2025 02:16
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4727

Actions (login required)

View Item View Item