Rahmawati, Titania (2017) PENGARUH METODE PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0038 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0038 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0038 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0038 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode peta konsep
terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD N Krincing Kecamatan Secang
Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Variabel bebas pada penelitian
ini adalah penerapan metode peta konsep sedangkan variabel terikatnya adalah hasil
belajar IPA. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri
Krincing yang berjumlah 40 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA
yang berjumlah 20. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok eksperimen
dan kelompok kontrol dengan random assignment secara acak dengan menggunakan
undian. Hasil yang diperoleh yaitu kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas
VB sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar siswa. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes.
Hasil penelitian mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 68,10, sedangkan
untuk posttest nilai rata-rata sebesar 75,05. Pengujian hipotesis menggunakan
Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS for windows versi 23,00.
Berdasarkan analisis terdapat perbedaan dari hasil t-test antara pretest dan posttest.
Hasil pretest menunjukaan Sig. (2-tailed) sebesar 0,017, sedangkan hasil posttest
menunjukkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,006. Karena Sig < 0.05 maka dapat diambil
kesimpulan bahwa metode peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd.Kons (0627057501) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901)
Uncontrolled Keywords: metode peta konsep, hasil belajar ipa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:15
Last Modified: 30 Jan 2025 07:32
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item