Yuana, Ria Irawan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0037_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (601kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0037_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0037_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0037_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) terhadap hasil belajar Pkn siswa kelas V SD
Negeri Wanurejo tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen berbentuk True
Experimental Design Type Pre test-Post test Control Group Design dengan satu
macam perlakuan yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel
yang diambil sebanyak 48 siswa, 24 siswa kelas VA yang merupakan kelas
eksperimen yaitu kelas yang diberikan perlakuan (menerapkan model pembelajaran
TPS) dan 24 siswa kelas VB yang merupakan kelas kontrol yaitu kelas yang tidak
diberikan perlakuan. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total
sampling (sampel keseluruhan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes
hasil belajar PKn. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh
penerapan model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar PKn.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai post test
kelas eksperimen sebesar 83,29 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol sebesar
77,37. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung 3,200 > t tabel 2,013. Artinya
ada perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen yang
menggunakan model pembelajaran TPS dengan kelas kontrol yang tidak
menggunakan model pembelajaran. Hal ini dapat dimaknai bahwa pembelajaran yang
menggunakan model pembelajaran TPS memiliki hasil belajar yang lebih tinggi
dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan model pembelajaran.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan
model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri
Wanurejo Kabupaten Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatno, M.Si.,(0012045601) dan Ela Minchah L.A,M.Psi.Psi (0606018701) |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran TPS (Think, Pair, Share), Hasil belajar PKn. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 02:14 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 01:50 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |