Mawar Sari, Dian (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGREATED READING AND COMPOSITION. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0124 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0124 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0124 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0124 _ FULLTETX.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis
karangan deskritif melalui model CIRC (Cooperative Integreated Reading and
Composition) pada siswa kelas IV SD Negeri Pangkalan, Kecamatan Sluke,
Kabupaten Rembang.
Peneitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penggumpulan data
yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan tes, teknik pengumpulan data
menggunakan persentase, subyek penelitian yang digunakan satu kelas yang
berjumlah 28 yakni 11 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Siswa kelas IV
diberikan tidakan dengan menggunakan model Cooperative Integreated Reading
and Composition yang akan dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing
siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Yang menjadi subyek penelitian siswa kelas
IV keterampilan menulis masih tergolong rendah hal ini diketahui dari nilai
menulis karangan deskriptif siswa yang di bawah kriteria ketuntasan minimum
KKM yaitu dibawah ≥70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cooperative Integreated
Reading and Composition terdapat peningkatan yaitu 50% dari rata-rata nilai 68
menjadi 100% rata-rata nilai 79, indikator keberhasilan 75% dari jumlah siswa
dengan nilai ≥70, jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative
Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan keterampilan menulis

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M. Pd.,(0007085701) dan Tabah Subekti, M.Pd (0601118402)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Integreated Reading and Composition, Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2019 06:52
Last Modified: 30 Jan 2025 01:25
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item