Aji Nugroho, Dwi (2017) PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN PAYAMAN 1 KEC. SECANG KAB. MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0115_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (559kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0115_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0115_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0115_FULLTEXT.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan Minat belajar IPA tentang
daur hidup hewan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
pada siswa kelas IV SDN Payaman 1 Tahun Ajaran 2016/2017..
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua
siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV
SDN Payaman 1 yang berjumlah 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan
adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, angket. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas.
Perhitungan validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini, peneliti menggunakan
bantuan program SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan Minat belajar IPA
tentang Daur Hidup Hewan siswa kelas IV SDN Payaman 1. Peningkatan tersebut
dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa. Pada kegiatan prasiklus,
didapatkan hasil rata-rata persentase 57,25%. Pada siklus I meningkat menjadi
71,77%.Dan siklus II meningkat menjadi 82,09% dengan persentase aspek
“kesukaan siswa” mencapai 77,41%, aspek “ketertarikan siswa” mencapai
80,06%, aspek “perhatian siswa” mencapai 87,09%, dan aspek “keterlibatan
siswa” mencapai 83,80%. Dari data diatas, diketahui bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN
Payaman 1 Kec. Secang Kab. Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs.Arie Supriyatno, M, Si.(0012045601) dan Dhuta Sukmarani, M, Si.(0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 03:55 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:19 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/451 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |