Anindiawati, Lilis (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0112_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0112_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0112_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0112_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model
problem based learning terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa pada
pembelajaran IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian experimen. Desain Penelitian yang
digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi Kelas V
sebanyak 46 orang siswa,sampel kelas VA sebanyak 23 siswa untuk kelas
eksperimen dan kelas VB sebanyak 23 siswa untuk kelas kontrol. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket sikap ilmiah dan
lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent samples t
test. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS .
Hasil analisis uji-t angket awal kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan
bahwa nilai t < ttabel yaitu -0.090 < 2.015 dan nilai sig. (2-tailed) 0.929> 0.05
sehingga Ho diterima, hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang
signifikan antara angket awal kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum
diberikan perlakuan berupa penerapan model PBL. Sedangkan hasil analisis uji-t
angket akhir kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa nilai t > ttabel yaitu
11.037 > ttabel 2.015 dan nilai sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan
Ha diterima artinya ada pengaruh penerapan penerapan PBL terhadap sikap ilmiah
pada pemebelajaran IPA dan dapat dibuktikan dengan adanya perbedaan yang
signifikan antara angket akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kesimpulan dari penerapan model PBL adalah model pembelajaran yang dapat
memberikan pengaruh terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa pada mata
pelajaran IPA di SD Negeri Petarangan.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS., Kons.(0002086001) dan Astuti Mahardika, M.Pd.(0626118702)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Sikap Ilmiah, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 03:07
Last Modified: 21 Jan 2025 01:26
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item View Item